Saturday, September 03, 2005

"Ibu 3 Bulan Di Indonesia "

Ibu berangkat ke Indonesia tanggal 4 Juni 2005. Berada di Indonesia selama 3 bulan. Dalam rangka survey data untuk desertasinya. Aku dan Bapak tetap tinggal di Berlin, kepingin sih ikut ke Indonesia tapi mahal kali ya angkosnya. Dan nanti kalau balik lagi ke sini ribet lagi urusannya. Aku sekolah di Kindergarten "KITA" di Lynarstrasse.
Pada tanggal 8 Juli sampai dengan 11 Agustus 2005 sebenarnya aku sommerferien (liburan musim panas). Tapi aku tetep masuk sekolah. Karena yang masuk sedikit maka digabungkan ke KITA di Rehberge yang lokasinya gak jauh dari rumah. Bapak harus nganter aku sekitar jam 7 pagi. Pada awal2 masuk aku dianter pakai wagen, lalu selanjutnya bapak memutuskan untuk naik sepeda saja, supaya lebih cepat berangkat dan pulang nganter serta berangkat dan pulang jemputnya. Biasanya Bapak langsung ke U-Bahn Amrumerstrasse dan sepedanya diparkir di sana, kemudian menuju Osloerstrasse dan lanjut ke Schonlinestrasse untuk mengikuti kursus Deutsch di BSI. Pulang kursus paling mampir kerumah sebentar lalu jalan ke amrumerstrasse ngambil sepeda dan menjemput aku. Aku dan Bapak sering jalan2 naik sepeda sepulang sekolah, terutanma di deket Rehberge ada Danau bagus pemandangannya, sambil bawa cemilan aku manggil-manggil "Ente" yang memang banyak di pinggir danau, sambil aku lemparin cuilan roti.
Sepeda Bapak tidak ada boncengan khusus untuk aku, makanya bapak pakai kain Jarik Batik yang dibawain Eyang Iyut menggendong aku sambil mengayuh sepeda. Banyak Bule2 dan orang2 di jalan ngliatin, heran atau mungkin dalam pikirannya kok ng takut jatuh nanti aku. Mereka heran apa kasihan, aku ng ngerti, yang penting aku seneng kalau naik sepeda sambil berdiri di depan bapak dan di iket Jarik ke badan Bapak.
Setelah satu bulan sekolah di KITA Rehberger selesai liburan musim panas aku kembali lagi ke KITA Lynarstrasse. Aku seneng Banget ketemu temen2 lama. Bapak bilang Ibu pulang tanggal 4 September dari Indonesia dan sekitar tanggal 5 september 2005 sampai di Frankfurt dan nanti di telpon. Aku seneng banget.
Sehari-hari aku hanya pagi sekolah jam 08.00 dan dijemput Bapak jam 15.00, biasanya aku ng mau langsung pulang, tapi aku minta jalan2 dulu naik U-bahn dan jajan, kalau ng dibeliin aku biasanya nangis. Aku ngerti kalau bapak capek tapi kalau dirumah terasa panas, karena kamarnya berhadapan langsung dengan matahari sore. Kalau ng jalan2 ya aku main di spielplatz dan bapak nungguin. Aku seneng naik ayunan, "clurudan". Karena asyiknya hampir 2 jam aku nggak terasa dan bapak udah ngajak pulang melulu. Dan akhirnya kau dipaksa diajak pulang dan aku nangis. Sampai di rumah masih nagis sebentar dan terus nyalain vcd video lagu anak2 Indonesia kesenanganku dan tari Bai, Aceh dll.
Aku sering diajak jalan2 Bapak dengan temen-temen Bapak, Om Ufuk dari Turki, Om Biyong Jong dari Korea dan Om Russel dari Indonesia. Malah minggu lalu aku di ajak Bapak acara perpisahan temen Bapak yg pada mau pulang ke negaranya; Janisz pulang ke Polen, Luis ke Spanien. Acaranya di rumah guru kursus yang dateng banyak banget dan aku paling "Bayiek"
sekitar jam 24.00 bapak ngajak pulang lumayan jauh dari rumah yaitu (Kotbussertuer - Leopoltplatz), tapi di berlin pulang malem kereta selalu ada, ng perlu takut, paling kalau malem minggu ya banyak ketemu orang mabuk dan teriak2 di dalam kereta yg lagi jalan, cuek aja namanya juga mabuk. Begitu naik kereta aku udah ngantuk banget dan tidur digendong bapak sampai rumah aku langsung pules di atas kasur.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

hosted @ NackVision.com